Hasil Sidang Isbat Tentukan Awal Puasa Ramadhan 1434 H/2013 M

hasil sidang isbat 2013 Hasil Sidang Isbat Tentukan Awal Puasa Ramadhan 1434 H/2013 M

Hasil Sidang Isbat Tentukan Awal Puasa Ramadhan 1434 H/2013 MInfo Ramadhan, Wah sudah tidak terasa sudah mau ramadhan lagi, bagaimana apakah anda sudah siap untuk menyambut datangnya bulan yang penuh berkah ini? yah semoga saja sudah dipersiapkan dengan baik. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas tentang Sidang Isbat, yang mana Keputusan dari Sidang Isbat itu yang akan menentukan kapan kita mulai puasa. Adapun sidang Isbat akan dilaksanakan pada hari Senin, (8/7) ini pukul 17.00 WIB.

Dalam sidang isbat Pemerintah juga mengundang  para petinggi-petinggi Ormas Islam yang ada di Indonesia, seperti LDII , MUI, NU, Muhammadiyah dan lain-lain, seperti muhammdiyah yang memang sudah terlebih dahulu memutuskan awal puasa ramadhan. sangat wajib dalam mengundang ormas-ormas islam, nah adapun untuk tidak datang itu urusan lain lagi, dalam hal lain yang memang muhammadiyah tidak akan datang dalam sidang isbat ini. Adapun perkiraan dari pemerintah awal puasa atau awal ramdhan akan jatuh pada hari rabu tanggal 10 juli 2013, meski demikian pemerintah harus melaksanakan sidang isbat terlebih dahulu untuk memastikan posisi Hilan (bulan) pada senin. Sidang isbat juga akan dihadiri para ahli astronomi dari lembaga penerbangan dan antariksa nasional (Lapan) yang akan mempresentasikan posisi bulan dari seluruh Indonesia.

Dalam menentukan Hilal (bulan) ada dua metode yang digunakan untuk menentukan awal puasa dan lebaran idul fitri. Dua metode itu adalah imkan al-rukyat dan wujud al-hilal, secara imkan al-rukyat bahwa puasa dimulai rabu (10/7), sedangkan menurut wujud al-hilal pada selasa  (9/7). tutur Ketua Bidang Fatwa MUI KH Ma’ruf Amin.

Sejumlah ormas Islam yang sudah menetapkan awal Ramadhan yakni, Al-Jam`iyyatul Washliyah (Al-Washliyah), dan Pengurus Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis), yakni Rabu. Ketua Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Abdullah Sam, mengatakan, pihaknya belum menetapkan awal Ramadhan karena masih menunggu sidang isbat.  “Dalam sidang ini Kemenag telah memerintahkan LDII untuk mengamati posisi hilal di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, dan LDII memiliki teropong untuk mengamati hilal di sana, hasil pengamatan akan dilaporkan ke sidang isbat melalui telepon,” kata Abdullah Syam.

Jadi kita tunggu saja Hasil dari Sidang Isbat , yang akn dilaksanakan sore nanti. Pesan dari kami hormatilah orang yang sedang berpuasa, dan jangan mengucilkan terhadap ormas yang memang sedang sudah menentukan awal puasa terlebih dahulu tanpa menunggu keputusan hasil sidang isbat. dan buat yang lain, kita dibawah pemerintah jadi tunggulah hasil dari Sidang Isbat, baru kita mulai berpuasa.

Update!! Tentang Keputusan atau Hasil Sidang Isbat Senin malam tanggal 8 juli 2013, yakni Awal Puasa Ramadhan jatuh pada hari Rabu 10 Juli 2013 atau 1 Ramadhan 1434H. Sekian dari kami apabila ada kurangnya kami mohon maaf.


No Responses
Read previous post:
Asus X43E-VX794D, Spesifikasi dan Harga

Asus X43E-VX794D, Spesifikasi dan Harga - Hallo apa kabar? semoga baik-baik saja, oh iya pada...

Close