Telat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Dikenakan Denda

 Finance

Telat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Dikenakan Denda – Membayar Pajak memang menjadi kewajiban bagi seseorang yang telah mempunyai pengahasilan, contoh ketika kita mempunyai kendaraan bermotor , misalkan sepeda motor, itu ada biaya pajak nya sendiri. dan untuk membayarnya pun tidak boleh terlambat. jika terlambat bisa dikenakan denda. denda nya pun lumayan tinggi.

Saya mengibaratkan , jika anda telat membayar denda 1 hari maka sama saja anda telat 1 tahun. dan kapan pun anda baar pajaknya telat sudah 1 hari maka bayarnya tetap sama, ada sebuah pertanyaan apakah boleh membayar pajak untuk tahun kedepannya? jawabannya tentu saja boleh, namun dikhawatirkan nanti ada oknum yang iseng seperti polisi ketika ada gabungan bisa saja dijadikan alasan untuk ditilang, namun kalau polisi untuk masalah perpajakan tidak ada hubungannya jadi anda bisa saja menghindar, dengan alasan bahwa urusan pajak adalah bukan urusannya polisi.

Telat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Dikenakan Denda

Tapi sebagai warga indonesia yang baik dan bijaksana ada baiknya untuk selalu membayar pajak dan tidak terlambat.  Coba kita mencoba mengkalkulasi berapa pajak yang harus kita bayar / kita keluarkan, total bayar pajak setiap orang tentunya berbeda, tergantung jenis, tahun keluar dan lain-lain. Coba bisa lihat di STNK kendaraan motor anda, di STNK tertulis beberapa Nominal dari PKB, SWDKLLJ dan BIAYA ADM.

PKB yakni Pajak kendaraan bermotor besarnya 1,5% dari nilai jual motor dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual motor tersebut. Kalau SWDKLLJ adalah sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan, sumbangan ini dikelola oleh jasa raharja sebesar 80.000, dan sedangkan biaya adm adalah biaya administrasi untuk motor baru, dan apabila ganti plat nomor (5tahun sekali) atau balik nama baru dikenai biaya dan besarnya Rp. 30.000.

Sekarang bagaimana perhitungan Denda Telat Bayar Pajak Sepeda Motor tersebut. Disini ada 2 yang di denda yaitu Denda SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas) : Untuk  dendanya Rp32.000 dan Denda PKB = Jika telat dalam membayar pajak, perhitungan denda PKB yaitu 25% per tahun. Apabila :

  • Terlambat 3 bulan PKB x 25% x 3/12
  • Terlambat 6 bulan PKB x 25% x 6/12
  • Terlambat 12 bulan PKB x 25% 12/12

Maka Dirumuskan Total Denda : (PKB x 25% x 3/12 atau 6/12 atau 12/12) + Denda SWDKLL = TOTAL DENDA

Contoh Kasus : ANDA  punya motor dan terlambat bayar 6 bulan jumlah PKB tertera di STNK Rp 232.000 & SWDKLLJ Rp 35.000 maka ANDA  dikenakan denda keterlambatan sebesar: (Rp232.000 x 25% x 6/12 )+(Rp 32.000) = Rp 61.000 Total yang harus dibayar sebesar; Rp 232.000+Rp35.000+Rp 61.000=Rp 328.000

Rumusnya : PKB + SWDKLLJ + DENDA = TOTAL BAYAR



Author: 

Perkenalkan nama saya Rizky Febri Saputra | Hanya Seorang Mahasiswa Biasa Saja, Namun ingin memberikan informasi yang berguna untuk semua orang, Terima Kasih :)

Related Posts

Comments are closed.